Sabtu, 22 November 2014

UDON SEAFOOD


Makan udon enak bila disantap pas kondisi agak masuk angin atau hujan-hujan....bikin badan anget.
Bahan udon bisa dibeli dibeberapa supermarket dijual per pak.

BAHAN :

- 2 bungkus udon, cuci dengan air hangat sebentar
- 1 siung bawang putih, geprak atau haluskan
- 2 cm  jahe digeprak
- 1 buah daun bawang, iris serong tipis, sisihkan
- 1/2 sdt/1 sdt cabai bubuk
- 4 buah bakso ikan, atau bakso jamur, potong jadi 4 bagian
- 1/2 ons udang kupas/ cumi atau seafood lainnya
- 2 sdm kikoman
-  1 liter air kaldu ayam/air putih biasa
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 ikat kecil horinzo atau bayam jepang, bila tidak ada bisa diganti sawi atau sayur kesukaan anda
- sedikit jamur enoki atau jamur tiram
- garam dan gula secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. Rebus kaldu, masukkan bawang putih, jahe. Biarkan mendidih sebentar.
2. Ambil jahe dan bawang putihnya, buang.
3. Masukkan udang, bakso ikan, biarkan sebentar.
4. Masukkan kikoman, merica, jamur, daun bayam, biarkan matang sebentar.
5. Masukkan udon, biarkan sebentar hingga udon matang, beri garam dan merica, sedikit gula.
6. Koreksi rasanya.
7. Letakkan udon di mangkok, beri irisan daun bawang, dan taburi dengan cabai bubuk.
8. Sajikan.




UDANG JAMUR HIOKO



Wah lama juga nggak sempet ngisi blog...jadi kangen juga. Abis asisten rumah tangga udah nggak ada sih...jadi pekerjaan rumah semuanya dirapel...kalo udah capek tinggal klengernya aja. Hehehe....

Akhirnya ada waktu luang lagi....mulai deh bikin-bikin masakan yang aku coba di beberapa  restoran dengan sedikit variasa sendiri...tapi mengenai rasa persis seperti yang aku makan di restoran.  Setelah beberapa kali makan...akhirnya ketemu deh bahan-bahannya.  Nah biar bunda-bunda bisa mencobanya di rumah...ini aku share resepnya ya....rasanya dijamin nyuuuuus......


UDANG JAMUR HIOKO

BAHAN :

- 3 jamur hioko besar kering, rebus hingga membengkak tiriskan
- 1 ons udang kupas
- 1 sdm tepung kanji/sagu
- 1/2 sdt bawang putih bubuk  atau 1 siung bawang putih cincang
- 1/4 sdt garam
-1/4 sdt merica
-1 butir telur kecil saja atau bila telurnya besar ambil putihnya saja

SAUS :

- 2 siung bawang putih
- 1 sdt parutan jahe
- 1 cabe merah besar, iris tipis
- 1 cabe hijau, iris tipis
- 1 sdt kecap asin
- 1/4 sdt merica halus/bisa dikurangi
- sedikit air

CARANYA :

1. Tiriskan jamur, lalu iris menyerong agak tipis. Sisihkan.
2. Blender semua bahan udang, tepung kanji, bawang putih, garam, merica, dan telur hingga halus.
3. Letakkan sesendok teh adonan udang diatas jamur hioko satu persatu.
4. Goreng jamur udang tadi sebentar saja, jangan lama karena akan menyebabkan jamur agak keras kalo dimakan.
5. Tumis bawang putih, cabai dan jahe hingga harum. Masukkan air sedikit saja, hanya agar saus tidak gosong. Aduk sebentar.
6. Masukkan gorengan jamur, aduk rata. Angkat, sajikan.

NOTE : SANGAT COCOK DISAJIKAN DENGAN NASI HANGAT ATAU BUBUR POLOS....

Selasa, 11 Maret 2014

BUNCIS HOISIN SAUS


BAHAN :

- 1 ons buncis, potong ujung-ujungnya
- 50 gr daging cincang
- 1/2 bombay potong kotak-kotak kecil
- 2 siung bawang putih, cincang
- 1 sdm irisan paprika potong kotak kecil-kecil/1 buah cabai merah iris tipis lalu cincang
- garam, merica secukupnya
- 1 sdm saus hoisin

CARANYA :

1. Tumis bawang bombay dan bawan putih hingga harum.

2. Masukkan daging cincang aduk hingga daging berubah warna.

3. Masukkan cabai merah, paprika dan saus hoisin.

4. Tambahan sedikit air, garam dan merica. Aduk rata.

5. Angkat sajikan.

DAGING GORENG SAUS ACAR APEL




Daging ini mudah membuatnya dan empuk....selain itu aku menggunakan apel sebagai acarnya....yummy....

BAHAN :

- 3 ons daging lulur dalam, iris ketebalan 1 cm pukul dengan pemukul daging hingga melebar
- 1 sdt paya / pengempuk daging lainnya
- siedikit garusam, merica
- 1 butir telur
- 3 sdm susu cair/air
- tepung roti kasar secukupnya
- tepung terigu secukupnya

CARA MEMBUATNYA :

1. Luluri daging dengan paya, garam dan merica, diamkan 30 menit di lemari pendingin.
2. Campur telur dan susu cair, kocok lepas.
3. Baluri daging dengan tepung terigu, lalu masukkan kedalam kocokan telur lalu baluri dengan tepung roti         hingga rata.
4. Goreng daging dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
5. Angkat tiriskan, potong-potong daging selebar 1 cm, letakkan dipiring saji, sisihkan.
6. Sajikan dengan acar apel.

ACAR APEL

- 1 buah apel di parut kasar atau diiris korek api
- 1 buah cabai merah, iris tipis
- 1 buah cabai rawit, iris tipis
- 1 sdm air jeruk nipis atau lemon
- 1/2 sdm gula merah
- 2 buah bawang merah, iris tipis
- sedikit garam

Semua bahan dicampur rata sambil diremas-remas sedikit.

NOTE  : APEL BISA DIGANTI DENGAN MANGGA MUDA

Kamis, 06 Maret 2014

SATE PAHA AYAM BUMBU KACANG

Sate ayam yang aku buat ini sangat sederhana dan cepat namun rasanya dijamin enak dan tidak enek....silahkan mencobanya .....

BAHAN :

-2 buah paha ayam atas dan bawah fillet dibuang kulitnya (aku nggak suka kulit ayam), potonh kotak
- tusuk sate secukupnya
- 1 sdm air jeruk nipis
- 1 sdm minyak goreng
- 1 sdm  kecap manis
- 1/4 sdm garam

Ayam dicampur dengan semua bumbu kurang lebih 15 menit lalu  tusuk dengan tusukan sate. Bakar di atas bara arang atau bakaran disko atau teflon hingga matang.  gAngkat.

SAUS KACANG :

- 100 gr kacang tanah/kacang mente (aku lebih suka kacang mente rasanya lebih gurih)
- 1 buah cabai merah, buang isi
- 1 buah bawang putih.
- 1/2 sdm air jeruk nipis
- 2 buah bawang merah iris tipis
- 2 sdm kecap manis
- sedikit garam
- 50-75 ml air matang

Goreng kacang tanah, cabai dan bawang putih, hingga kekuningan. Haluskan. Campur dengan kecap manis, jeruk nipis, garam dan air. Aduk rata. Sajikan dengan sate paha ayam.

Minggu, 02 Maret 2014

SET MENU MAKAN SIANG NASI CAMPUR



MENU :
1. TERIK DAGING
2. OSENG-OSENG BUNCIS
3. OSENG TEMPE CABAI HIJAU
4. MIE GORENG
5. SAMBAL TEERASI TOMAT

MENU 1 : TERIK DAGING

- 1/2 kg daging luluratau paha dipresto empuk, dinginkan potong-potonug
- 500 ml santan sedang atau kental
- 1 sdm bawang merah goreng
- 2 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas
- garam, gula merah secukupnya

bumbu dihaluskan :

- 3 siung bawang putih
- 5 buah bawang merah
- 1/2 sdt ketumbar bubuk 
- 1/4 sdt merica bubuk
- 4 buah kemiri
- 3 cm kunyit

caranya :
1. Tumis bumbu halus hingga harum, salam, lengkuas, masukkan daging aduk-aduk.
2. Masukkan santan, garam, gula merah, aduk rata.
3. Biarkan sampai air tinggal sedikit sambil sekali-kali diaduk.
4. Angkat, letakkan di piring saji, taburi bawang merah goreng.

MENU 2 : OSENG-OSENG BUNCIS

BAHAN :

- 1 ons buncis, potong kecil-kecil
- 1-2 buah wortel dipotong kotak kecil-kecil
- 1 lembar daun salam
- sedikit air

bumbu halus  :
- 3 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- sedikit merica bubuk, garam dan gula

cara membuat :

1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan semua bahan, beri garam, gula dan merica.
2. Aduk-aduk hingga empuk dan matang.
3.Angkat, sajikan

MENU 3 : OSENG TEMPE CABAI HIJAU

BAHAN : 

- 2 atau 3 ons tempe, potong kotak kecil, goreng setengah matang, sisihkan
- 5 buah cabai hijau, potong-potong
- 3 buah bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih iris tipis
- 1 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas gepruk
- garam dan gula secukupnya
- 2-3 sdm kecap manis
- 100 ml air
cara membuatnya :

1. Tumis bumbu-bumbu hingga harum, masukkan kecap dan tempe, aduk rata.
2. Masukkan air, aduk, garam dan gula. Aduk rata.
3. Biarkan hingga air menyusut sambil diaduk sekali-kali.
4. Angkat, sajikan.

Rabu, 10 April 2013

SUP MANISA BAKSO

Bosan dengan rasa sup sayur dengan bahan yang itu-itu saja......nah ini bisa dipake pilihan SUP MANISA BAKSO berbahan sayur manisa yang biasanya dipake oseng-oseng temennya nasi liwet ternyata enak juga dipake sup.....berbahan sangat sederhana tapi hasilnya seger dan rasanya agak manis.........

SUP MANISA BAKSO

Bahan :

- 10 buah bakso potong jadi 4
- 1 buah manisa potong kotak-kotak
- 1 buah wortel potong kotak-kotak
- 1 buah daun bawang, iris tipis
- 2 siung bawang putih, geprak
- 1 buah seledri, iris-iris
- 1/4 sdt merica bubuk
- sedikit pala bubuk
- garam dan gula secukupnya
- 1 liter air

Caranya :

1. Rebus air hingga mendidih, masukkan bakso, manisa dan wortel, biarkan mendidih.
2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daun bawang aduk-aduk hingga harum.
3. Masukkan tumisan kedalam rebusan sayuran, biarkan sayurann hingga matang dan empuk.
4. Masukkan merica, pala, garam dan gula, koreksi rasanya, lalu masukkan daun seledri.
5. Angkat, sajikan dengan ditaburi bawang merah goreng sedikit saja.