Jumat, 09 April 2010

SABU - SABU






Anak2 lagi pada susah makan lagi agak sariawan, mendung2 gini enaknya bikin yang hangat2, setelah aku uji coba hasilnya enak dan cepat buatnya. kalo pengen lebih cepat lagi siapin aja bahan2nya pagi hari dimasukkan ke wadah tupperware atau tempat lain yang bersekat2 atau piring lebar juga bisa terus ditutup dengan plastik clingwrap, simpen di kulkas. Baru siang atau malemnya dikeluarkan untuk makan malem ataupun makan siang bareng keluarga....nikmat.

Nggak banyak kok yang dibutuhkan dan aku tidak memakai seafood soalnya pada lagi alergi... puasa seafood dulu.

Semua bahan yang aku pake ada dipasar, kalo pengen daging yang tipis2 beli daging lulur dalam terus masukkan freezer biar beku. keluarin dari kulkas biarkan sebentar biar agak lumer bagian luarnya terus diiris tipis2. Kalo pengen yang lebih praktis lagi beli jadi saja tinggal bilang daging untuk buat sabu2......biasanya aku belinya di ranch market....mau yang berlemak atau tidak tinggal pilih.

Nah ini dia bahan2nya :

RESEP SABU-SABU


BAHAN SABU - SABU :

- 1/2 - 1 buah wortel potong tipis serong
- 1 buah tofu yang didalam plastik, potong2 1 cm
- sayuran : bokcoy, sawi putih, sawi hijau
- jamur : bisa jamur es direndam dulu lalu cuci dan potong2, jamur enoki, jamur
kuping
- 1 buah bawang pre di iris serong
- 1 ons daging sabu2
- 1 ons daging dada ayam iris tipis
- bakso : ikan, udang, ayam, sapi'

semua bahan diletakkan di wadah lalu simpan dikulkas, baru dikeluarkan saat akan dimasak saja biar bahan2nya segar.

BAHAN SAUS SABU-SABU :

- 5 buah bawang putih dicincang halus, tumis dengan 1-2 sdm minyak sayur hingga agak kering dan renyah
- 1 sdm saus sambal
- 2 sdm saus tomat
- daun ketumbar sedikit, cincang halus

semua bahan dicampur jadi 1

BAHAN AIR REBUSAN :

- 1,5 liter air/kaldu mendidih
- 1 ruas jahe
- 1 serai
- garam, gula dan merica secukupnya

rebus semua bahan didalam panci sabu2 atau menurut selera bila tidak mempunyai.

CARA PENYAJIAN :

1. Letakkan panci diatas kompor portable, biarkan mendidih lalu masukkan bahan2 sabu2 sedikit2.
2. Yang udah matang angkat lalu celupkan di saus. bisa ditambah dengan kecap asin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar