IKAN BAKAR IKAN SEBELAH



Aku pertama ngeliat ikan ini di sebuah supermarket........ kok aneh bentuknya pipih banget..........waktu aku tanya enaknya dimasak apa, penjaganya bilang digoreng aja atau dibakar enak kok bu....sampe dirumah aku goreng. Tapi kok rasanya standard ya. lalu aku bakar...... eh anak-anak nggak suka karena masih ada durinya. Lalu aku putar otak gimana ya caranya biar enak dan anak-anak suka. viola.........ketemu. Beberapa hari kemudian aku ke supermarket itu lagi dan ngeliat ikan sebelah yang gede. Aku minta agar di fillet aja yang bersih, alias tanpa tulang.
Aku bikin aja ikan bakar yang minimalis, tapi nggak usah dibakar....abis asapnya kemana-mana.
Dimakan pake acar nanas, daun poh-pohan, timun, atau lalapan lainnya.........mmmmm enak.

RESEP IKAN BAKAR IKAN SEBELAH

- 1 ekor ikan sebelah yang sudah di fillet
- 1 buah jeruk nipis
- garam, merica
- 2-3 sdm minyak zaitun/minyak goreng

SAUS ACAR NANAS :

- Mentimun yang keci, potong kotak kecill
- 1/2 buah nanas, potong kotak kecil
- 1 tomat buah bijinya, potong kotak kecil
- 1 cabe merah iris tipis
- 2 cabe rawit
- 1 buah jeruk nipis/ 1/2 bh jeruk lemon
- garam
- 2 bawang merah diiris halus

* semua bahan diaduk jadi satu dan disimpan di kulkas

CARANYA :

- Lumuri ikan dengan jeruk nipis, garam dan merica
- Panaskan wajan teflon goreng ikan dengan sedikit minyak/ bisa juga dioven dengan api atas dan bawah. Jangan terlalu lama. Biar ikan terasa juicy...........segar.
- Sajikan dengan bahan pelengkap

Ini dia fotonya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lady rose

PINDANG TONGKOL BELIMBING WULUH