Rabu, 17 Agustus 2011

UDANG GORENG TEPUNG


BAHAN :

- 250 gr udang agak besar kupas bersih
- 2 sdm tepung bumbu siap pake
- 1 sdm tepung kanji
- 2 sdm tepung terigu
- 1/4 sdt garam

CARANYA :

1. Semua bahan tepung dicampur jadi satu dengan garam hingga rata.
2. Ambil 1 sdm tepung, campur kedalam udang dengan diberi 2 sdm tepung aduk hingga rata.
3. Lumuri udang dengan tepung kering hingga rata.
4. Goreng dalam minyak panas agak banyak hingga kekuningan.
5. Angkat

PINDANG TONGKOL BELIMBING WULUH


BAHANNYA :

- 4 buah tongkol yang sudah dikukus/asap (beli satu keranjang biasanya isinya 4 ekor) dibersihkan tulang-tulang dan durinya.
- 3 buah belimbing wuluh/belimbing sayur
- 1 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk purut
- 300 ml santan sedang

BUMBU HALUSKAN :

- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 buah cabe merah
- 2 buah cabe rawit
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- 2 butir kemiri
- 2 cm kencur

CARANYA :

1. Goreng ikan tongkol/pindang setengah matang saja
2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, dan belimbing yang sudah dipotong-potong hingga harum.
3. Masukkan santan, biarkan mendidih sebentar.
4. Masukkan ikan, beri garam dan gula secukupnya.
5. Aduk-aduk , biarkan mendidih dan angkat.
6. Sajikan dengan taburan bawang goreng lebih nikmat

JANTUNG PISANG BUMBU PECEL


Kepasar lihat ada jantung pisang yang masih muda, kayaknya enak kalo dibuatg pecel campur telur, harganya murah cuman 1.500 doang. Rasanya ternyata gurih dan anehnya anak2 juga suka rasanya lembut sekali....nggak terasa kalo itu adalah jantung pisang!

BAHAN :

- 1 buah jantung pisang (buang kulit yang berwarna merah) kemudian rebus hingga empuk.
paling enak di presto saja kira2 5 menit udah empuk
- 2 butir telur rebus

Bumbu :

- 50 gr kacang tanah
- 1 buah cabe merah
- 1 siung bawang putih
- 2 buah cabe rawit
- 2 cm kencur
- 1 lembar daun jeruk purut
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula merah/putih
- 1 sdm santan kental
- sedikit air asam

Caranya :

1. Kacang tanah digoreng bersama cabe, kencur, dan bawang putih hingga matang.
2. Uleg/blender semua bumbu hingga halus.
3. Rebus dengan diberi santan dan sedikit air.
4. Iris-iris jantung pisang yang telah direbus, lalu masukkan kedalam rebusan kacang.
5. Koreksi rasanya
6. Sajikan dengan irisan telur rebus dan bawang goreng.

KENTANG SAUS SPAGHETI


Lagi kepingin bikin makanan dari kentang tapi yang gurih-gurih.....enak lagi kalo ada kejunya. Nah ini dia yang aku maksud kentang pake saus spagheti yang sisa abis aku buat kemarin dan ada keju mozarelanya yang molor-molor itu.......enak-enak.

BAHAN :

- 2 buah kentang (dipotong2 kotak atau lonjong juga boleh) kemudian direbus atau dikukus hingga matang.
- Saus spagheti siap pake secukupnya
- Keju mozarela secukupnya

Caranya :

1. Letakkan kentang diloyang lalu taruh saus spagheti diatasnya.
2. Taburi dengan keju mozarela.
3. Oven hingga matang (kira-kira 5 menit saja sampai keju meleleh sempurna)
4. Sajikan

Selasa, 16 Agustus 2011

PINDANG IGA

BAHAN :

- 1/2 kg iga rebus hingga empuk, sebaiknya gunakan presto biar cepat aja dan ndak makan waktu
- 1 buah serai geprak
- 2 cm laos geprak/iris
- 2 cm jahe geprak
- 2 cm kunyit bakar iris2
- 1 lembar daun kunyit
- 3 blimbing sayur iris2/tomat hijau
- 2 siung bawang putih iris
- 3 siung bawang merah iris
- 2 buah cabe merah bakar sebentar
- 2 buah cabe hijau bakar sebentar
- 1/2 sdm gula merah
- 2 sdm kecap manis
- garam secukupnya
- 2 lembar daun salam

CARANYA :

1. Rebus iga hingga empuk.
2. Tumis semua bumbu hingga harum, lalu masukkan ke dalam rebusan iga.
3. Beri kecap, gula merah dan garam. Biarkan semua bumbu meresap.
4. Koreksi rasanya, angkat. Sajikan.

BANDENG BAKAR

Bahan :

- 1 ekor ikan bandeng tanpa duri
- 1 buah jeruk nipis ambil airnya
- 1/4 sdt garam

Bumbu halus dan ditumis :

- 1 cabe merah
- 2 bawang putih
- 3 bawang merah
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm santan kental
- 1 daun jeruk purut
- sedikit garam

Caranya :

1. Lumuri bandeng dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan 15 menit
2. Tumis bumbu halus.
3. Olesi bandeng dengan bumbu halus lalu bakar atau oven hingga matang.
4. Angkat sajikan dengan lalapan dan sambal kecap yang diberi jeruk nipis.

PAI BUAH



Si adik suka sekali sama yang namanya pie, enak kremes2 dan renyah. Akhirnya sambil ngantuk2 aku buatin pie juga dengan dibantu adik tentunya.

Wah senengnya lihat mereka makan....nyam-nyam segeeeer

BAHAN KULIT PIE :

- 100 gr margarin (aku pake 50 gr margarin + 50 gr butter biar rasanya lebih harum)
- 25 gr gula halus
- 1 sdm air es
- 1 kuning telur
- 200 gr terigu segitiga
- 1/2 sdt baking powder

Caranya :

- Aduk semua bahan jadi satu dengan menggunakan garpu hingga tercampur rata.
- Simpan dalam kulkas 15 menit.
- olesi loyang/cetakan dengan mentega kemudian cetak adonan diatasnya.
- jangan lupa sebelum dioven ditusuk2 dikit dengan garpu, biar tidak nggembung
- oven sampai matang (kira-kira 20-25 menit)

Vla :

- 250 ml susu cair
- 50 gr gula pasir
- vanili dikit aja
- 1 kuning telur
- 1 sdm maizena
- 1 sdt margarin

- buah-buahan apa aja sesuai selera

- Semua bahan vla dicampur jadi satu dan direbus sambil diaduk2, terakhir masukkan margarin.
- Biarkan dingin.
- Tuang sedikit vla ke atas pie yang telah dingin, lalu hiasi dengan buah diatasnya.
- Sajikan

SUS KRIM COKLAT



Lagi bingung mau ngapain....mau bikin kue ah untuk takjil. Enak kali ya kalo bikin sus tapi pake coklat bubuk dibuat vlanya....kan ada coklat hitam sekali. Baunya harum ...... nggak usah pake essence...cukup coklat bubuk saja.

Bahan :

- 100 gr margarin
- 225 ml air
- 1/2 sdt garam
- 125 terigu cakra
- 4 butir telur

Vla coklat hitam :

- 2-3 sdm tepung maizena
- 400 ml susu cair
- 200 gula pasir- bisa dikurangi tergantung selera
- 1 sdm coklat bubuk hitam
- 1 sdm mentega
- 1 kuning telur


CARANYA :

1. Kue sus : Rebus air dan mentega hingga mendidih, masukkan garam dan terigu aduk hingga licin dan tidak menggumpal. Aduk2 hingga bau tepung hilang.
Biarkan adonan hingga dingin.
2. Letakkan adonan dalam spluit dan semprotan bintang, cetak di loyang.
3. Oven hingga matang kekuningan (biasanya 25-30 menit) api harus panas betul
4. Vla coklat hitam : Campur susu, telur, coklat bubuk dan gula serta maizena aduk hingga tidak menggumpal. Rebus sambil diaduk2 hingga mendidih dan kental, Masukkan mentega aduk rata hingga adonan matang dan kental betul.
5. Setelah dingin isikan vla kedalam kue sus yang telah dibelah tengahnya, lalu beri isi buah sebagai tambahan sesuai selera.
6. Sajikan

Senin, 15 Agustus 2011

IKAN DORI SAMBAL ACAR MANGGA



Sekeluarga sangat suka sama ikan dori, mau dimasak apa saja...rasanya oke dan tidak amis sama sekali. Kali ini ikan dori aku buat yang agak spesial biar nggak bosen dengan menu yang gitu-gitu aja. Nah kebetulan di kulkas ada mangga yang nganggur berhari-hari menunggu giliran untuk disantap....he he he.

Acarnya ini tidak begitu pedas karena anak-anak dan suami nggak suka sama yang pedas-pedas...semua pada alergi pedas....nggak kuat lambungnya.

Hasilnya siiiiiiip bisa dicoba

BAHAN-BAHANNYA :

- 1/4 gr ikan dori/ biasanya kan dijual per biji satu aja udah cukup banyak kok hasilnya
dipotong-potong jangan terlalu tipis
- 1 btr telur ambil putihnya saja
- 1/4 sdt garam
- tepung kanji secukupnya untuk melumuri ikan saja

BAHAN ACAR :

- 1 bh mangga di serut pake serutannya singkong yang gede-gede itu lho atau disisir aja
- 1 sdt garam untuk meremas mangga kalo kekecutan
- 2 siung bawang merah iris tipis
- 2 cabe rawit iris
- 1 sdm gula merah
- 1/4 sdt garam

CARANYA :

1. Ikan dori dilumiri garam lalu dengan putih telur kemudian digulingkan kedalam tepung kanji.
2. Goreng hingga kekuningan, tiriskan
3. Campur semua bahan acar.
4. Letakkan ikan dalam piring saji, kemudian letakkan acar diatasnya.
5. Sajikan

CAH KANGKUNG UDANG TAOCO


Resep ini adalah hasil coba-coba karena penasaran sama rasa dari taoconya orang Korea yang kayaknya enak banget. Nah aku pergi aja beli taoco yang orang Korea punya....ternyata aku beli yang nggak begitu asin....dan aromanya itu lho siiiiiiip banget.....nggak nyengat.

Uji coba ini ternyata berhasil dan mendapat pujian dari anak-anak dan suami, wah ternyata emang enak banget.....lembut sekali rasanya.

CAH KANGKUNG UDANG TAOCO

- 2 ikat kangkung yang telah dibersihkan dipotong2
- 2 siung bawang putih cincang
- 3 siung bawang merah cincang
- 1 sdm taoco korea
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt gula
- maizena sebagai pengental saja dilarutkan dalam sedikit air
- 2 cm jahe iris

CARANYA :

1. Tumis bawang merah dan bawang putih serta jahe hingga harum
2. Masukkan kangkung aduk dan beri sedikit air, aduk hingga kangkung matang
3. Masukkan taoco, garam dan gula.
4. Sebelum diangkat tambahkan maizena. Aduk dan angkat

SOTO IGA


Bahan :

- 1/4 kg daging iga yang telah direbus, buang tulangnya kemudian potong2
- 1 buah seledri cincang
- 1 buah daun pre iris
- 2 lembar daun jeruk purutu
- 2 buah telur ayam kampung rebus
- jeruk nipis
- sambal kecap
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 buah serai geprak
Bumbu halus :

- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 buah kunyit agak besar kupas
- 3 cm jahe
- 2 butir kemiri

CARA MEMBUATNYA :

1. Tumis bumbu halus hingga harum masukkan daun-daunan
2. Rebus daging iga yang telah dipotong-potong dan masukkan bumbu yang telah ditumis.
3. Rebus hingga meresap. Tambahkan garam dan bumbu lainnya.
4. Beri irisan daun seledri dan pre.
5. Angkat. Sajikan dengan telur dan mie suun yang telah direbus, jeruk nipis dan bawang goreng.


SATE AYAM GURIH, CAH TAOGE TAHU, SALAD SEGAR, ASEM2 TELUR ASIN


SET MENU BUKA PUASA/SAHUR

Masakan ini membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sampai 45 menit. silahkan dicoba ya teman !

SATE AYAM GURIH

Bahan :

- 1 fillet paha ayam atas dan bawah dipotong2 kecil
- 1 sdm santan kental (bisa diambil dari santan kara)
- 10 tusuk sate direndam dulu dalam air biar lemes

Bumbu dihaluskan:

- 2 bawang putih
- 3 siung bawang merah
- sedikit jinten
- sedikit ketumbar bubuk
- 2 cm laos
- 2 cm jahe
- 2 butir kemiri
- garam dan gula merah dikit aja

CARA MEMBUATNYA :

1. Ayam direndam dalam bumbu halus dan santan diamkan kira-kira 15 menit
2. Tusuk ayam dengan tusuk sate.
3. Bakar hingga matang/oven hingga matang


OSENG TAOGE TAHU

Bahan :

- 1 buah tahu potong2 goreng setengah matang
- 1 ons taoge besar/jumbo buang ekornya
- kucai
- 2 siung bawang putih cincang halus
- 2 buah bawang putih iris tipis
- 2 cm jahe iris tipis
- 1 sdm kecap asin
- 1/4 sdt merica hitam kasar

CARA MEMBUATNYA :

1. Tumis bumbu2 hingga harum, masukkan tahu lalu taoge.
2. Bumbui dengan kecap asin dan merica hitam.
3. Terakhir masukkan kucai yang telah dipotong2
4. Koreksi rasanya, angkat sajikan.

SALAD SIMPLE

BAHAN :

- 1 buah tomat potong-potong kotak
- 1 buah bombay kecil potong kotak
- 1 buah mentimun buang biji potong kotak
- 1 sdm minyak zaitun
- sedikit merica
- 1 sdm air jeruk nipis atau lemon

CARANYA :

- Semua bahan dicampur jadi satu.


ASEM-ASEM TELUR ASIN

Bahan :

- 3 buah telur asin mentah
- 2 buah belimbing wuluh potong2
- 2 sdm santan kental
- 3 lembar daun salam
- 2 buah bawang putih iris
- 2 buah bawang merah iris
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt gula
- 3 iris lengkuas

CARANYA :

- semua bahan dicampur jadi satu, diletakkan dipinggan tahan panas dan dikukus 20 menit.
- kemudian angkat, dinginkan



Senin, 08 Agustus 2011

SAMBAL MERAH EXTRA PEDAS

Sambal ini aku pake di depot.....pedeeeeeees banget

SAMBAL MERAH EXTRA PEDAS

- 1/2 kg cabe rawit merah
- 1 0ns cabe merah
- 1/4 tomat merah
- 1/2 sdm terasi matang
- 2 sdm gula merah
- garam

cara membuatnya :

semua bahan diblender/tumbuk halus lalu dimasak diapi kecil hingga matang dan harum baunya.

KERING KENTANG ASAM MANIS

Sebenarnya aku nggak begitu suka sama kering-keringan, tapi karena ini bentuknya lucu kecil-kecil kayak korek api, anak-anak juga suka dijadikan gadonan nggak usah dimakan sama nasi ma....enakan dimakan gini aja. gitu kata mereka....

KERING KENTANG ASAM MANIS

-1 kg kentang dicuci bersih bersama kulitnya
- 1 sdm makan asam jawa dicairkan dengan 4 sdm air, remas2 lalu saring
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdt garama
- 3 buah cabe merah, iris tipis
- 3 buah bawang putih iris tipis
- 5 buah bawang merah iris tipis

CARA MEMBUATNYA

1. Cuci kentang lalu diiris korek api kecil-kecil (bisa menggunakan alat pemotong lebih cepat)
Goreng hingga kuning kecoklatan
2. Tumis bawang merah-bawang putih dan cabe hingga kuning kecoklatan.
3. Masukkan air asam, gula dan garam, aduk hingga air menyusut.
4. Masukkan kentang yang sudah digoreng, aduk-aduk terus hingga rata.
5. Angkat. Setelah dingin masukkan ke dalam toples kedap udara.

PIZZA JAMUR PORTOBELO



Resep ini aku lihat di sebuah televisi luar negeri yang menayangkan tentang jamur-jamuran, cuman dia ngasihnya ribet banget, kebanyakan yang nggak ada di indonesia (mungkin ada cuman nyarinya susah). Nah tadi aku pas pergi ke supermarket ada jamur portobelo yang hitam-hitam itu terus kepikiran sama resep tadi. Cuman aku modifikasi saja nggak usah pake daging-dagingan dan bisa dipake buat buka puasa sama jus melon......enak-enak-enak

PIZZA JAMUR PORTOBELO

- 4 buah jamur portobelo
- 1 buah tomat merah ambil dagingnya saja buang bijinya, cincang
- keju mozarela secukupnya
- garam, merica dan oregano secukupnya

CARA MEMBUATNYA

1. Buang tangkai jamur, cuci cepat buang kotorannya, jangan menyerap air
2. Letakkan di atas loyang yang diolesi sedikit minyak.
3. Letakkan tomat diatas jamur (Posisi jamur tengkurap), berturut-turut merica, garam dan oregano. Terakhir beri keju mozarela.
4. Panggang selama 15 menit lalu keluarkan.
5. Sajikan.

Sabtu, 06 Agustus 2011

BAKSO TAHU SIOMAY

















Pengen sekali makan bakso, tapi kok takut gemuk sekali.....soalnya kan banyak lemaknya.....mana badan sudah endut lagi..... Setelah ditahan berhari-hari akhirnya nggak tahan juga pengen makan bakso tapi yang tak berlemak......

Nah ada ide membuat bakso tahu saja sama siomay yang dikukus. Walaupun lagi puasa tapi bumbu dan rasanya enak sekali ringan dan tak berminyak.

BAKSO TAHU SIOMAY

- 8 buah bakso sapi siap pakai
- 2 buah tahu kotak potong menyilang, goreng setengah matang dan keruk bagian tengahnya
kerukan tahu jangan dibuang
- 10 kulit siomay bulat/kotak yang dibulatkan
- 1 ons daging ayam cincang
- 1/2 ons daging sapi cincang
- 1-2 batang daun pre, diiris tipis2
- daun bawang merah sedikit untuk taburan
- 2 siung bawang putih cincang
- garam dan merica secukupnya
- 3 sdm tepung kanji
- 1 btr telur dikocok lepas
- 1 sdm air

CARA MEMBUATNYA

1. Campur daging ayam cincang, daun pre, 2 sdm tepung kanji, 1 butir telur, garam dan merica sedikit, 1 sdm air. Aduk rata.
2. Bagi adonan menjadi 2,
3. Isikan separo adonan untuk siomay, dan sebagian lagi dicampur dengan sisa tepung kanji
irisan daun bawang pre, dan kerukan tahu. Aduk hingga adonan tahu menjadi halus. Tambahkan sedikit lagi garam.
4. Masukkan adonan tahu kedalam tahu yang sudah dilubangi. Kemudian kukus 15 menit.
5. Siomay : letakkan adonan siomay ke atas kulit kemudian lipat segitiga atau setengah lingkaran kemudian digoreng hingga kuning kecoklatan, dan separo lagi untuk dikukus bersama dengan tahu.

Kuah bakso :

1. Rebus air hingga mendidih, masukkan bawang putih cincang. Rebus selama 5 menit.
2. Angkat, saring airnya. Pindahkan kepanci lain. Rebus kembali, masukkan daging cincang biarkan hingga daging matang. Masukkan bakso daging kedalamnya hingga mengapung.
3. Beri garam dan merica secukupnya.
4. Angkat.
5. Hidangkan bahan-bahan yang matang matang tadi dengan kuah bakso dan hidangkan selagi hangat dengan ditaburi daun bawang merah cincang dan bawang goreng.

Jumat, 05 Agustus 2011

CAMILAN POTATO CHIP



Siapa yang tak kenal dengan potato chip yang iklannya banyak keluar ditelevisi itu?... wah aku dan anak-anak sangat suka sama kentang yang kres...kres...kres kayak krupuk. Apalagi aku tuh suka banget sama yang namanya krupuk...kalo dimakan biasa saja kurang enak...paling enak kalo dimakan sama nasi.

Tapi kalo potato chip yang ini enaknya dimakan biasa saja ditambah garam atau dengan bumbu yang ada rasa-rasanya itu.....beli yang kemasan kecil saja di supermarket, contohnya produk dari indofood, terus ditaburi diatas kentang goreng yang tipis-tipis itu. Kalo aku sih lebih suka kalo pake garam doang...artinya alami ndak ada bahan pengawetnya.

Aku dan keluarga sedang pengen makan yang tidak instant-instant, pengennya yang bikinan sendiri. Kapan hari juga bikin yang namanya nugget brokoli sama keju......wah rasanya itu lho ndak kerasa kalo didalamnya ada brokolinya.....gurih banget aroma keju.
Kalo dimakan panas-panas kriuk-kriuk.


POTATO CHIP

- 1/2 - 1 kg kentang ukuran agak kecil yang ukurannya sama
- sedikit garam

Cara membuatnya :

1. Kentang dicuci bersih tanpa dikupas kulitnya.
2. Potong tipis-tipis dengan menggunakan alat pemotong atau iris tipis biasa seperti membuat balado kentang goreng. (kentang dipotong dalam keadaan utuh tanpa dibelah dulu)
3. Cuci bersih kentang
4. Lap kentang dengan serbet sampai air berkurang, supaya menggorengnya tidak terlalu lama
5. Goreng hingga matang kecoklatan.
6. Angkat. Masukkan ke dalam tempat yang agak besar dan beri garam lalu kocok-kocok sebentar hingga garam/bumbu merata.
7. Taruh ditoples kedap udara.

Kamis, 04 Agustus 2011

IKAN KERAPU MASAK TAOCO

Sebetulnya di menu ini pake ikan apa saja enak yang penting tidak banyak durinya. Ikan dipotong kotak-kotak dimaksudkan biar tidak kesulitan waktu mau ngambil ikannya. Taoco juga tidak usah banyak-banyak dikit aja. Soalnya kalo tidak terbiasa makan taoco bisa kaget dengan aroma taoco yang nyengat.

IKAN KERAPU MASAK TAOCO

- 1 ekor ikan kerapu/gurami difilet dan dipotong kotak-kotak
- 2 siung bawang putih di haluskan
- 2 siung bawang putih cincang
- 2 buah bawang merah iris
- seiris jahe
- 1 sdt taoco
- 1 buah cabe merah iris
- 1 buah cabe hijau iri
- 2 sdm kecap manis
- sedikit gula

CARA MEMBUATNYA

1. ikan dilumuri bawang putih halus lalu goreng hingga kuning kecoklatan
2. Tumis bumbu-bumbu hingga harum, masukkan kecap dan sedikit air.
3. Masukkan ikan, aduk-aduk hingga rata.
4. Koreksi rasanya.

ROTI ISI PISANG KACANG COKLAT

Sebenarnya roti meskipun diisi apa saja tetap enak, cuman kalo diisi dengan coklat kok kayaknya biasa-biasa saja. Udah bosan. Kebetulan dirumah ada pisang cavendish yang gede2. Mau dimakan biasa juga udah bosan. Akhirnya aku buat untuk buka puasa, hasilnya ........anak2 pada suka dan nggak nyangka kalo tadi isinya pisang.

ROTI ISI PISANG KACANG COKLAT

- 6 lembar roti tawar tanpa kulit
- 1 buah pisang cavendish ukuran besar potong bulat2
- selai kacang secukupnya
- coklat meises secukupnya
- mentega

CARANYA :

1. Olesi lembaran roti dengan mentega, berturut - turut selai kacang, coklat meises dan terakhir pisang.
2. Bakar sebentar di wajan anti lengket hingga agak gosong.
3. Angkat. Belah menjadi 2 menyilang.
4. Sajikan.

Paling nikmat jika disajikan dengan teh hangat atau jahe hangat.

SET MENU 2

Set menu ini juga tidak ribet dan gampang dibuat sama seperti SET MENU 1. Semua dipersiapkan sebelum tidur malam supaya lebih mudah memasaknya dan tidak memakan waktu yang lama.

SET MENU 2

- POK-POK AYAM GORENG
- CAH BUNGA BAWANG
- TEMPE GORENG
- JUS TOMAT WORTEL


POK-POK AYAM GORENG

- 2 buah paha ayam atas dan bawah difilet lalu potong2 kecil
- 3 - 4 sdm tepung bumbu
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica halus
- 1 butir telur kocok lepas

CARA MEMBUAT :

1. Semua bahan tepung dicampur jadi satu hingga rata.
2. Masukkan ayam yang sudah dipotong kecil kedalam kocokan telur.
3. Masukkan kedalam adonan tepung sedikit2.
4, Goreng hingga kuning kecoklatan.
5. Angkat

CAH BUNGA BAWANG

- 1 ikat kecil bunga bawang potong2 5 cm
- 3 siung bawang putih dicincang halus
- 1 iris jahe cincang halus
- 1/2 sdt kecap asin atau dihilangkan
- garam, gula dan merica secukupnya


CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum
2. Masukkan bunga bawang aduk hingga berubah warna
3. Masukkan merica, kecap asin, sedikit gula dan garam
4. Aduk cepat, angkat. Sajikan.

MENU SAHUR SEDERHANA DAN GAMPANG

Set menu sahur ini aku buat sangat sederhana tetapi enak dan nikmat disantap, bergizi dan kaya serat. Setiap bahan sebaiknya dipersiapkan setelah sholat tarwih dan hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja, lalu dimasukkan tupperware atau lainnya dan disimpan di kulkas. Untuk waktu memasaknya juga membutuhkan waktu 15 menit saja. Daging sebaiknya beli dalam jumlah besar lalu dipresto 15 menit saja dari waktu bunyi presto. dan dipotong-potong lalu disimpan dalam jumlah yang diinginkan ke dalam freezer. Hal ini untuk menghemat waktu saja.

Jus yang aku gunakan juga bukan jus buah tetapi jus sayur. Jus buah hanya aku pada anak-anak waktu berbuka puasa begitu bedug dengan suhu ruang tidak dingin. Disajikan bersamaan dengan cemilan kue sepotong lalu sholat magrib.
Setelah itu baru makan malam lengkap, lalu sholat tarwih. Setelah sholat tarwih anak-anak aku beri susu atau buah segar.

Serat juga tak lupa selalu aku berikan kepada anak-anak dengan pemberian jus sayuran, walaupun mereka kadang merengek tidak mau tetapi tetap harus diberikan, mereka bisa memilih sayur yang direbus atau sayuran mentah yang dijus. Semua diserahkan ke anak dan diberi pengertian akan pentingnya sayuran.

Dengan cara pemberian makan tersebut ternyata anak-anakku yang biasanya rewel kalo puasa ternyata tidak mengeluh sakit perut atau kembung. Tetapi mereka menjalaninya dengan aman-aman saja. Yang penting cara makan dan waktunya tepat pasti tidak akan mengalami sakit.

Silahkan yang mau mencoba bisa mengikuti cara seperti yang aku lakukan, insya Allah lancar puasanya. Amin.

SET MENU 1

- Sup sayuran ayam cincang
- Daging cabe hijau
- Jamur crispy
- Jus sawer


SUP SAYURAN AYAM CINCANG

- 1 buah wortel potong2
- 10 buah buncis potong2
- sedikit kol/kubis dipotong
- 1 sdm daging ayam cincang
- setengah buah bombay dicincang kasar
- 1 buah bawang putih
- 1 buah seledri di iris kasar
- sedikit merica
- garam dan gula secukupnya

CARA MEMBUATNYA :

1. Rebus air bersama dengan daging ayam cincang hingga ayam matang.
2. Masukkan bahan sayuran kedalam rebusan ayam
3. Tumis bawang putih dan bombay dengan sedikit minyak hingga harum
4. Masukkan semua bumbu kedalam rebusan, biarkan mendidih. Tambahkan garam, merica, gula dan daun seledri. Biarkan mendidih dan matang.
5. Angkat dan sajikan.

DAGING CABE HIJAU

- 300 Gr daging yang sudah direbus dipotong kotak2
- 5 buah cabe hijau potong bulat
- 4 buah bawang merah diiris
- 2 buah bawang putih diiris
- 1 buah tomat diiris
- 3-4 sdm kecap manis
- merica dan pala bubuk sedikit saja
- garam dan gula secukupnya.

CARA MEMBUATNYA

1. Tumis semua bumbu jadi satu, lalu tambahkan kecap manis dan beri sedikit air.
2. Aduk-aduk hingga harumnya keluar, lalu masukkan daging.
3. Aduk sekali-kali, beri garam dan gula, merica dan pala bubuk sedikit saja.
4. Aduk rata dan biarkan air agak menyusut.
5. Angkat.

JAMUR CRISPY

- 1 plastik kecil jamur tiram potong2
- 3 sdm tepung bumbu kemasan
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji
- 1/4 sdt garam
- 1 butir telur dikocok lepas

CARA MEMBUATNYA

1. Campur tepung2 tadi jadi satu bersama garam
2. Jamur dimasukkan kedalam telur dan diaduk rata.
3. Masukkan ke dalam tepung dan goreng hingga kuning kecoklatan.
4. Sajikan.


JUS SAWER

- 2-3 buah wortel
- 1 ikat sawi hijau dipotong2

CARA MEMBUATNYA

1. Cuci bersih semua bahan terakhir bilas dengan air mineral.
2, Jus dengan juicer atau jus biasa dengan ditambahi air.
3. Sajikan

OBLOK-OBLOK TAHU TEMPE DAGING


Masakan ini terinspirasi waktu aku sama suami makan di Keraton Jogyakarta. Kebetulan salah satu kerabat keraton kenalan suami, sekalian bernostalgia katanya suami yang orang asli Jogya.
Masakan ini menggunakan bahan dasar tahu, tempe dan bola-bola daging kayak bakso. Hanya saja yang aku gunakan kali ini bukan bola-bola daging, soalnya anak-anak kurang suka kalo dibentuk bola-bola. Daripada nggak kemakan ya udah aku jadikan daging cincang aja. Jadi daging hanya aku cincang halus terus langsung dimasukkan cemplung-cemplung gitu. Selain itu juga menghemat waktu. Masakan yang aku sajikan tanpa MSG dan konco-konconya. Bisa juga di sajikan untuk anak-anak balita, tumbuh kembang, hanya cabenya dihilangkan saja. Resepnya sangat sederhana dan hasilnya enaaaaak sekali. Masakan ini terasa ringan dan tidak berat walaupun menggunakan santan...sangat sedap sekali bila ditambah sama lombok ijo ale. Cuman kalo ndak ada ya ndak apa-apa.

Silahkan ibu-ibu mencobanya dan bikin sendiri, silahkan komentar gimana hasilnya, bisa tanya-tanya kalo kurang jelas. Makanan ini juga sering aku jadikan menu tambahan di depotku.

OBLOK-OBLOK TAHU TEMPE DAGING

Bahan :

- 1/2 ons daging cincang
- 1 buah tahu kotak, potong2 menyilang jadi 4 (bisa digoreng setengah matang atau mentah)
- 1/2 papan kecil tempe, potong2 menyilang
- 2-3 buah belimbing wuluh
- 2 buah bawang putih iris tipis
- 3 buah bawang merah iris tipis
- 1 iris laos/lengkuas
- 2 buah cabe hijau iris tipis
- 2 lembar daun salam
- gula dan garam secukupnya
- 1 cangkir/500 ml santan sedang (bisa pake kemasan santan yang kecil udah cukup)
- sedikit ale kalo ada (di menu keraton kayaknya nggak pake, cuman aku seneng aja sedep)


Caranya :

1. Rebus tiga perempat santan hingga hampir mendidih, masukkan daging cincang. Rebus kira-kira 2 menit lalu masukkan tahu dan tempe.

2. Biarkan tahu dan tempe matang dulu, lalu masukkan seluruh bumbu. Biarkan mendidih dan keluar aromanya.

3. Masukkan sisa santan dan biarkan mendidih kembali.

4. Tambahkan gula dan garam secukupnya.

5. Sajikan, bisa dinikmati panas maupun dingin sama enaknya.