Rabu, 21 April 2010

SUP MERAH BAKSO



RESEP SUP MERAH BAKSO

Bahan :

- 10 buah bakso potong jadi 4
- 2 lembar daging asap
- 2 sdm kacang polong beku
- 2 buah tomat, seduh air panas, buang kulitnya lalu blender, saring
- 1 liter air
- 1 sdm tomat pasta
- 1 buah wortel, iris kotak
- 1 buah bawang bombay, tumis
- 1 buah seledri ikat
- merica, garam, gula

CARANYA :

1. Rebus bombay dan seledri hingga airnya harum, lalu saring
2. Masukkan bahan2 lainnya biarkan hingga matang, angkat.

IKAN PATIN KEMANGI




RESEP PATIN KEMANGI

Bahan :

- 1 ekor ikan patin difillet
- 1-2 sdm bumbu sambal bajak atau bumbu bali
- 3 batang kemangi ambil daun

CARANYA :

- Panaskan wajan teflon dan beri 1 sdm minyak goreng/mentega, masukkan ikan goreng hingga matang.
- Masukkan bumbu dan air sedikit, balik sebentar. taburi kemangi angkat.

SAPO TAHU DAGING



Mengingat adik lagi tidak boleh makan ayam, telur dan ikan, maka untuk menyiasatinya aku coba buatin sapo tahu dari daging, ternyata rasannya enak lho dan segar.

RESEP SAPO TAHU DAGING

- 1 ons daging iris tipis2 kecil2 memanjang
- 1 buah tofu potong 8 goreng hingga kecoklatan
- 2 buah bokcoy atau sawi, iris
- 1 buah jagung manis, sisir
- 1 buah wortel, iris


BUMBU :

- 1 buah bombay, iris
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 2 iris jahe
- garam, merica, gula

CARANYA :

1. Tumis bombay dan jahe hingga harum, masukkan daging hingga berubah warna
2. Beri air kira2 250 - 300 cc, biarkan daging agak matang.
3. Masukkan bumbu2 lainnya, lalu bahan lainnya, aduk rata.
4. Terakhir masukkan tofu. Aduk sebentar, angkat

OMELET KEJU



RESEP OMELET KEJU


Bahan :

- 2 buah telur
- 1-2 sdm keju parut
- 1 buah tomat buang biji cincang kotak kecil
- 1 lembar daging asap potong kotak kecil
- 1/2 daun pre cincang (bila suka)
- sedikit merica bubuk

Caranya :

1. Kocok telur hingga rata, masukkan keju dan bahan lainnya
2. Tuang diwajan dengan sedikit minyak, biarkan hingga bawahnya agak matang, lalu lipat jadi tiga.
3. Angkat, sajikan dengan tomat, timun dan saus sambal/tomat serta mayones.

TIPS :

KARENA KEJUNYA UDAH ASIN, TIDAK USAH DIBERI GARAM NTAR KEASINAN

Minggu, 18 April 2010

BLACK PEPPER STEAK



RESEP BLACK PEPPER STEAK

BAHAN :

- 3 potong daging steak yang agak ada lemaknya
- 1 buah bawang bombay, cincang halus
- 1 sdm merica hingga tumbuk kasar
- 1/2 botol saus barbeque
- 1 sdm kecap manis
- garam, gula secukupnya
- aneka sayuran rebus
- jagung manis rebus
- kentang goreng, atau kukus

Caranya :

1. Rebus daging steak dengan presto selama 15-20 menit. Biarkan dingin (lemak2nya menggumpal diatas harap dibuang).
2. Tumis bombay hingga harum, masukkan saus, kecap manis, garam dan gula aduk rata dan tambahkan sedikit air.
3. Masukkan daging aduk, biarkan bumbu meresap. Bakar sebentar hingga ada kecoklatan atau bisa juga langsung dihidangkan.
4. Sajikan dengan kentang goreng, jagung manis, dan aneka sayuran.

Kamis, 15 April 2010

KUE KERING CHOCOLATE CHIP


Resep ini aku coba dari mas budi, ternyata membuatnya ndak ribet dan gampang, rasanya juga renyah asal adonan tidak tersentuh tangan, nyetak kuenya juga pake garpu dan sendok.

RESEP KUE KERING CHOCOLATE CHIP

bahan diayak dulu :

- 250 gr tepung terigu cap kunci
- 2 sdm tepung maizena
- 1 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt baking powder
bahan dimixer :

- 100 gr gula halus
- 150 gr margarin
- 2 kuning telur dimasukkan setelah gula dan margarin dimixer sampai agak pucat.
- 1/4 sdt garam

- 60 gr hocolate chip

Caranya :

1. Setelah adonan yang dimixer rata, matikan mixer. Masukkan campuran terigu aduk rata.
2. masukkan chocolate chip. aduk rata.
3. siapkan loyang yang telah diolesi mentega,
4. cetak kue dengan sendok kecil dan besar, sesuai keinginan.
5. oven 180 derajat hingga matang.

CAKE PISANG/BANANA CAKE


RESEP CAKE PISANG/BANANA CAKE

Bahan :

- 200 gr mentega
- 200 gr gula bubuk
- 5 kuning telur
- 4 putih telur
- 3 pisang ambon, dihaluskan
- 2 sdm air jeruk nipis
- 225 gr terigu
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda
- 50 gr kenari cincang, goreng tanpa minyak hingga kuning.
- almond slice untuk taburan

CARANYA :

1. Ayak tepung terigu, BP, Soda. sisihkan
2. Kocok gula, mentega hingga pucat, masukkan telur satu persatu hingga adonan mengembang.
3. Blender pisang dan air jeruk hingga halus.
4. Masukkan terigu kedalam kocokan gula aduk rata, masukkan pisang halus.
5. Aduk rata, masukkan kacang kenari cincang. aduk rata.
6. Masukkan dalam loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu tipis2.
7. Taburi dengan almond slice, Oven hingga matang.

OSENG TERONG TAHU



RESEP OSENG TERONG TAHU

BAHAN :

- 1 buah terong besar, kupas lalu potong2 kotak
- 1 buah tomat, cincang kasar
- 2 iris tipis laos
- 1 buah cabe merah
- 1 buah cabe hijau
- 2 siung bawang putih iris tipis
- 4 siung bawang merah iris tipis
- garam, gula secukupnya
- 1 buah tahu putih, potong2 kotak

CARANYA :

1. tumis bumbu2 hingga harum, masukkan tahu aduk hingga tahu setengah matang.
2. masukkan terong, dan beri sedikit air biarkan terong masak.
3. beri garam, gula aduk rata.
3. angkat

CAH KAILAN POLOS



RESEP CAH KAILAN POLOS

bahan L

- 1 ikat kecil baby kailan (biasanya aku belinya 3-5 ribuan dipasar)
- 3 siung bawang putih dicincang halus
- garam, gula dan merica secukupnya
garam bisa diganti dengan kecap asin

CARANYA :

- tumis bawang putih dengan 1 sdm minyak goreng.
- masukkan baby kailan aduk hingga agak matang, tambahkan sedikit air.
- masukkan garam, gula dan merica.
- aduk2, angkat

PAHA AYAM GORENG GURIH


PAHA AYAM GORENG GURIH

BAHAN :

- 3 potong fillet paha ayam, atas dan bawah
- 1 buah serai
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 2 lembar daun salam
- 1/2 lt air
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- garam

CARANYA :

1. blender bumbu2nya kecuali salam, serai. tumis bumbu hingga harum, masukkan ayam aduk2.
2. tambahkan air aduk rata. masukkan garam.
3. biarkan ayam jadi empuk. angkat tiriskan.
4. potong2 ayam menjadi 6/8 bagian. goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
5. angkat, sajikan dengan lalapan dan sambal petai daging cincang.

GURAMI GORENG SAMBAL PENCIT TEMPE





Gurami yang ini aku goreng dengan 1 sdm mentega, diwajan teflon jadi tidak membutuhkan banyak minyak goreng dan lebih sehat. Mangganya aku pake mangga manalagi tapi yang masih muda/putih, aku serut dengan parutan singkong yang lubang besar.

RESEP GURAMI GORENG SAMBAL PENCIT

BAHAN :

- 1 ekor ikan gurami, kerat2 badannya
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- sedikit garam

lumuri gurami diamkan kira2 5 menit, goreng.

BAHAN SAMBAL PENCIT TEMPE :

- 2 - 3 iris tempe goreng
- 1 buah mangga muda, serut
- 1 buah cabe merah buang bijinya
- 2 buah cabe rawit
- 1 sdt terasi
- garam, gula secukupnya

caranya : semua bahan diuleg, lalu masukkan mangga, tempe goreng, aduk rata, sambil ditekan2 dengan ulegan.

sajikan dengan lalapan.

DADAR JAGUNG PRAKTIS


Dadar jagung ini sangat mudah membuatnya ndak ribet dan tidak penuh bumbu2.

RESEP DADAR JAGUNG

BAHAN :

- 2 buah jagung manis, disisir dengan parutan yang lubangnya besar atau diblender sebentar aja
- 1 buah bawang pre iris tipis
- 2-3 sdm tepung bumbu siap pake
- sedikit garam dan gula
- 1 butir telur

CARANYA :

1. semua bahan dicampur, lalu digoreng dengan api kecil hingga matang kecoklatan.
2. angkat tiriskan, sajikan dengan cabe rawit dan sayur sup atau sayur bening.

SUP AYAM CINCANG


RESEP SUP AYAM CINCANG

Bahan :

- 1 ons daging ayam cincang
- 1 buah wortel potong2
- 1 buah jagung manis, sisir/pipil
- 1 buah bawang pre iris agak besar
- 1 sdt bawang merah goreng
- 1 sdt bawang putih goreng
- garam, gula, merica secukupnya
- 1 buah seledri besar ambil bonggolnya saja, iris2 kalo ada
- 1 liter air

CARANYA :

1. didihkan air,masukkan ayam cincang aduk2 supanya tidak menggumpal.
2. biarkan sebentar, lalu masukkan jagung dan wortel.
3. tumis bawang pre hingga harum, masukkan ke air, biarkan hingga empuk. beri merica, garam, gula.
4. angkat. sajikan

SALAD SAUS JERUK


Pengen buat salad tapi yang seger dan lain dari yang lain......biar ndak bosen. Nah akhirnya aku coba aja pake jeruk sunkist dan lemon......amboy anak2 ternyata suka katanya rasanya seger dan manis.....enak.

RESEP SALAD SAUS JERUK

- Anggur secukupnya belah 2 buang bijinya
- 1 buah jagung manis, sisir lalu rebus dengan 1 sdt gula pasir, tiriskan
- Aneka daun selada
- 1 buah jeruk sunkist ambil juring2nya, sisanya jangan dibuang tapi peras airnya sisihkan untuk saos.
- 1 sdm air jeruk lemon/nipis
- sedikit garam, merica, gula
- 1-2 sdm minyak zaitun, salad oil

CARANYA :

1. saus : minyak zaitun, garam, gula, merica, air jeruk lemon, air jeruk sunkist dikocok dibotol bekas selai hingga rata.
2. atur sayuran dan bahan lain di mangkok besar, siram dengan saus aduk rata.
3. hidangkan di piring besar.

SAMBAL PETAI DAGING CINCANG



Sudah lama ndak makan petai pengen juga ...... waktu dipasar pucang lihat ada petai yang udah kupasan ...beli aja 2.000 perak, lumayan dapet 12 biji. petainya bagus2. sampai dirumah dibantu adek motong2 walau agak maksa sih sebenernya dia sama tahan napas bau......waktu udah selesai dia nyuci tangannya aja 2 kali katanya masih bau. he he he....

RESEP SAMBAL PETAI DAGING CINCANG

Bahan :

- 100 gr cabe merah, buang bijinya rebus buang airnya 2 kali
- 5 buah cabe rawit
- 2 buah tomat cincang kasar
- 3 bush bawang putih
- 5 buah bawang merah
- 1 - 1,5 sdt terasi
- 1-1,5 sdm gula merah
- garam secukupnya
- 2 papan petai, iris tipis2
- 1 ons daging cincang sangrai jangan terlalu kering

CARANYA :

1. Blender cabe, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah dan terasi.
2. Tumis dengan 2-3 sdm minyak hingga harum, tambahkan garam, daging dan petai.
3. Biarkan hingga kesat dan tidak berair. Koreksi rasanya.
4. Angkat, letakkan di botol / tupperware.
5. Enak dimakan sama daging empal suwir.

SAMBAL PETAI DAGING CINCANG

Jumat, 09 April 2010

SABU - SABU






Anak2 lagi pada susah makan lagi agak sariawan, mendung2 gini enaknya bikin yang hangat2, setelah aku uji coba hasilnya enak dan cepat buatnya. kalo pengen lebih cepat lagi siapin aja bahan2nya pagi hari dimasukkan ke wadah tupperware atau tempat lain yang bersekat2 atau piring lebar juga bisa terus ditutup dengan plastik clingwrap, simpen di kulkas. Baru siang atau malemnya dikeluarkan untuk makan malem ataupun makan siang bareng keluarga....nikmat.

Nggak banyak kok yang dibutuhkan dan aku tidak memakai seafood soalnya pada lagi alergi... puasa seafood dulu.

Semua bahan yang aku pake ada dipasar, kalo pengen daging yang tipis2 beli daging lulur dalam terus masukkan freezer biar beku. keluarin dari kulkas biarkan sebentar biar agak lumer bagian luarnya terus diiris tipis2. Kalo pengen yang lebih praktis lagi beli jadi saja tinggal bilang daging untuk buat sabu2......biasanya aku belinya di ranch market....mau yang berlemak atau tidak tinggal pilih.

Nah ini dia bahan2nya :

RESEP SABU-SABU


BAHAN SABU - SABU :

- 1/2 - 1 buah wortel potong tipis serong
- 1 buah tofu yang didalam plastik, potong2 1 cm
- sayuran : bokcoy, sawi putih, sawi hijau
- jamur : bisa jamur es direndam dulu lalu cuci dan potong2, jamur enoki, jamur
kuping
- 1 buah bawang pre di iris serong
- 1 ons daging sabu2
- 1 ons daging dada ayam iris tipis
- bakso : ikan, udang, ayam, sapi'

semua bahan diletakkan di wadah lalu simpan dikulkas, baru dikeluarkan saat akan dimasak saja biar bahan2nya segar.

BAHAN SAUS SABU-SABU :

- 5 buah bawang putih dicincang halus, tumis dengan 1-2 sdm minyak sayur hingga agak kering dan renyah
- 1 sdm saus sambal
- 2 sdm saus tomat
- daun ketumbar sedikit, cincang halus

semua bahan dicampur jadi 1

BAHAN AIR REBUSAN :

- 1,5 liter air/kaldu mendidih
- 1 ruas jahe
- 1 serai
- garam, gula dan merica secukupnya

rebus semua bahan didalam panci sabu2 atau menurut selera bila tidak mempunyai.

CARA PENYAJIAN :

1. Letakkan panci diatas kompor portable, biarkan mendidih lalu masukkan bahan2 sabu2 sedikit2.
2. Yang udah matang angkat lalu celupkan di saus. bisa ditambah dengan kecap asin.